Pulau Tello, Nias – Sumatera Utara

Rating: 82 out of 100, by 67 users
Ombak Pantai Pulau Tello - Sumatera Utara : Pulau Tello, Nias – Sumatera Utara

Pulau Nias merupakan sebuah pulau yang menjadi bagian Sumatera Utara dan letaknya pun terpisah beberapa kilometer dari daratan Pulau Sumatera.

Pertama kali mendengar nama Pulau Nias, mungkin yang ada di benak kita adalah tradisi Fahombo atau lompat batu yang namanya memang sudah sangat populer di Indonesia bahkan di mancanegara. Ya, mendengar tentang tradisi Fahombo mungkin sudah tidak asing lagi.

Namun, selain tradisi Fahombo atau lompat batu, hal apa lagi yang harus kita ketahui tentang Pulau Nias ? Tentu saja eksotika alamnya. Pulau Nias mempunyai objek wisata alam yang luar biasa indahnya.

Lokasi

Salah satu pulau di kecamatan Pulau-pulau Batu adalah Pulau Tello. Ya, pulau ini merupakan salah satu pulau yang menjadi destinasi pariwisata unggulan di kecamatan Pulau-pulau Batu seperti halnya Pulau Sibaranun.

Pulau Tello ini sudah lama dikunjungi oleh wisatawan mancanegara sebagai lokasi melaksanakan kegiatan olahraga selancar, bahkan sebelum pulau ini dipublikasikan sebagai destinasi pariwisata pun juga sudah sering dikunjungi oleh wisatawan lokal yang berasal dari Pulau Nias.

Meskipun hanya terletak beberapa kilometer saja dari Pulau Sibaranun, Pulau Tello ini mempunyai eksotika alam yang kalah menariknya apabila dibandingkan wisata alam yang terdapat di Pulau Sibaranun, sehingga pulau ini pun juga termasuk yang paling ramai di kunjungi.

Transportasi

Pulau Tello berada dalam wilayah kecataman Nias Selatan. Untuk mencapai pulau ini ditempuh dengan kapal boat atau ferry dari Pelabuhan Nias Selatan dengan membayar tiket kapal seharga Rp 100.000. Jika kamu mabuk laut atau ingin segera tiba ke Pulau Tello tanpa harus kecipratan air laut jika naik boat, tersedia pesawat yang akan menerbangkan kamu dari Bandara Binaka, Nias.

Jalur udara lain yang memiliki rute ke pulau ini adalah Bandara Ketaping, Padang, dengan harga tiket mulai dari sekitar tiga ratus ribu rupiah per orang. Buat yang berangkat dari atta Jakarta atau bandara lain di Idonesia, kamu bisa cari dan bandingkan tiket Lion Air atau Sriwijaya Air dari Jakarta Ke Padang pakai Skyscanner untuk dapat yang termurah.

Wisata

Objek wisata alam terbentang di hampir seluruh wilayah Pulau Nias, seperti wisata alam dan wisata bahari. Bahkan beberapa di antara objek wisata alam tersebut sudah sangat populer hingga ke berbagai belahan dunia, sehingga tak jarang banyak wisatawan mancanegara yang lebih mengetahui objek wisata di Pulau Nias dibandingkan wisatawan dari Indonesia sendiri.

Berbicara tentang Pulau Nias, objek wisata alamnya tidak hanya terletak di berbagai wilayahnya saja. Tetapi objek wisata alam tersebut juga ada yang terletak di wilayah kepulauan yang menjadi bahagian dari Pulau Nias. Kepulauan tersebut bernama Pulau-pulau Batu.

Bagi Anda yang pernah berkunjung ke Pulau Nias, mungkin Anda sudah tidak asing lagi dengan nama Kepulauan tersebut, sebab Pulau-pulau Batu merupakan salah satu kecamatan yang terdiri dari gugusan pulau dan letaknya tepat di Nias Selatan.

Pulau-pulau Batu mempunyai berbagai pulau yang sangat potensial menjadi objek wisata bahari, karena letaknya yang dikelilingi oleh Samudera Hindia.

Beberapa pulau tersebut mungkin sudah dikenal luas oleh wisatawan mancanegara karena ombaknya yang sangat cocok menjadi lokasi olahraga selancar ataupun eksotika alamnya yang sangat menarik, sehingga pada bulan-bulan tertentu banyak sekali wisatawan mancanegara yang berkunjung ke pulau tersebut untuk melakukan olahraga selancar ataupun sekedar menikmati panorama alamnya.

Biasanya wisatawan lokal yang berkunjung ke pulau ini sangat menyukai keindahan panorama alamnya yang terbentang di dalam pulau maupun di perairan yang menghiasi pulau.

Bahkan tak jarang, pada moment-moment tertentu ada beberapa wisatawan lokal yang menjadikan Pulau Sibaranun ini sebagai lokasi untuk melaksanakan kegiatan alam seperti camping ground pantai ataupun melaksanakan acara family gathering.

Ombak di sekitar perairan di pantai Pulau Tello memiliki ketinggian sekitar 10 meter pada bulan Juni hingga bulan Oktober. Sehingga pada bulan-bulan tersebut merupakan saat-saat dimana Pulau Tello ini begitu ramai dikunjungi oleh wisatawan, khususnya wisatawan mancanegara yang akan menguji adrenalin dengan melakukan olahraga selancar.

Perairan di Pulau Tello ini pun tampak begitu jernih dengan warna airnya yang tampak berwarna biru kehijau-hijauan dari kejauhan, sejauh mata memandang hanya terhampar lautan luas yang membentang dengan indahnya ke perbatasan Samudera Hindia.

Bahkan, pada sisi-sisi tertentu juga terlihat samar-samar beberapa pulau yang terletak di seberang, pulau-pulau tersebut tampak dengan graduasi warna, mulai dari warna hijau hingga warna abu-abu dan merupakan pulau yang termasuk dalam gugusan Pulau-pulau Batu.

Selain itu, pasir putihnya yang berkilau serta ratusan pepohonan yang membentang di sekitar pulau, tampak memberikan kesejukan bagi siapa saja yang memandangnya.

Anda pun dapat melakukan kegiatan renang di sekitar pantai Pulau Tello ini hingga jarak beberapa meter sembari merasakan hangatnya sinar matahari. Atau pun sekedar bermain-main di pinggir pantainya yang cukup dangkal.

Tak hanya itu, bagi Anda yang ingin melihat-lihat keindahan panorama bawah laut yang terdapat di bawah perairan Pulau Tello ini, Anda pun dapat melakukan kegiatan snorkling. Perairan bawah laut di Pulau Tello ini memiliki beragam biota laut yang menghiasinya, mulai dari terumbu karang, bebatuan karang hingga berbagai jenis ikan hias berwarna-warni.

Bahkan beberapa diantara jenis biota laut tersebut merupakan jenis biota laut yang tergolong ke dalam spesies langka. Selain itu, bagi Anda yang hobbi memancing, di beberapa lokasi pantai Pulau Tello ini terdapat beberapa tempat yang biasa digunakan sebagai tempat pemancingan.

Pada hari libur biasanya tempat tersebut di penuhi oleh para pemancing yang berasal dari berbagai wilayah. Bahkan menurut informasi, ikan hasil pancingan yang berada di perairan Pulau Tello ini merupakan ikan yang tergolong mahal, sehingga Anda dapat berlomba-lomba dengan para pemancing tersebut untuk mendapatkan ikan tersebut.

Gua Fetalasa, Pulau tello di kepulauan nias

Jika pada umumnya orang orang lebih mengenal pantai sebagai objek wisata dikepulauan nias, maka kali ini anda akan diperkenalkan dengan tempat / lokasi wisata alam yang tak kalah sernya di pulau nias.

Tempat wsata kali ini adalah sebuah Gua, bernama gua Fetalasa. terletak di pulau tello, kepulauannias. walau mungkin tempat wisata ini masih asing karna keberadaannya belum banyak yang mengetahui khususnya bagi para wisatawan asing.

Dari pengalaman wisata narasumber, roni laowo yang juga sering berkunjung ke Gua Fetalasa menceritakan perjalanannya ketujuan wisata ini. lokasinya pun tidak jauh dari desa baruyu lasara dan termasuk objek wisata bagi masyarakat pulau tello.

Gua Fetalasa, pulau tello nias ini sangat berbeda dengan gua yang sering kita jumpai di tempat lain, dimana berbentuk terowongan yang berhadapan langsung dengan lautan. Dinding gua ini merupakan bentukan hasil sedimentasi dari air lau.

Sebenarnya Roni laowo juga mengatakan bahwa objek wisata digua ini ada 3 tempat, cuma yang dapat mereka kunjungi cuma satu.

Kita dapat mengunjunginya dengan berjalan kaki melintasi pantai dengan pasir yang putih, serta pemandangan ombak yang dapat mencapai tinggi tiga meter. Kita juga dapat melihat pemandagan indah dari atas gua, dengan mandaki atas gua dengan bebatuan yang terjal, anak mungkin tidak dianjurkan untuk memanjatnya

Gua fatelasa merupakan salah satu objek wisata di pulau tello, banyak orang berkunjung terutama pada hari libur. Gua fatelasa menyimpan keindahan yang sangat berbeda, dengan udara yang sangat sejuk, kita juga dapat melihat segerombolan burung walet yang bersarang alami di gua tersebut.

 

Panorama Pulau Tello - Sumatera Utara : Pulau Tello, Nias – Sumatera Utara
Sunset Di Pulau Tello - Sumatera Utara : Pulau Tello, Nias – Sumatera Utara

Kumpulan Gambar dari informasi tentang Pulau Tello, Nias – Sumatera Utara

Ada 5 potret di dalam Pulau Tello, Nias – Sumatera Utara informasi. Klik thumbnail dibawah ini untuk melihat semua 5 potret high-res.

Guab fatelasa tello Nias selatan - Sumatera Utara : Pulau Tello, Nias – Sumatera UtaraOLYMPUS DIGITAL CAMERA - Sumatera Utara : Pulau Tello, Nias – Sumatera UtaraOmbak Pantai Pulau Tello - Sumatera Utara : Pulau Tello, Nias – Sumatera UtaraPanorama Pulau Tello - Sumatera Utara : Pulau Tello, Nias – Sumatera UtaraSunset Di Pulau Tello - Sumatera Utara : Pulau Tello, Nias – Sumatera Utara

Apa pendapatmu tentang Pulau Tello, Nias – Sumatera Utara

Tinggalkan Komentarmu soal Pulau Tello, Nias – Sumatera Utara Dibawah ini:

Artikel Terbaru:

Pantai Karang Hawu, Sukabumi &
Panorama alam yang indah, udaranya sejuk, dan hamparan pasirnya yang luas dan lembut,ma ...

Pantai Bozihona, Nias –
Pulau Nias, berbicara tentang pulau ini tentunya kita telah mengetahui bahwa pulau yang ...

Pantai Sekilak Batu Besar Bata
Bersantai dan bermain di pantai saat libur bersama keluarga atau pasangan, menjadi satu ...

Gili Bedil, Sumbawa – NT
Wisata bahari di Indonesia memang patut untuk dikembangkan. Walaupun banyak diantaranya masih kurang ...

Gabung Yuk dengan Komunitas Pecinta Pantai Indonesia di FB, Klik Like:

Lokasi Pantai di Indonesia

Topik Populer

Pantai Populer

Pantai Karang Nini Sajikan Kenikmatan In
Pantai Maron Semarang
Pantai Manggar Segarasari Balikpapan
Pantai Jumiang, Madura – Jawa Timu
Pantai Pasir Panjang, Singkawang –
Pantai Anyer dan Carita – Keindaha
Pantai Madasari, Ciamis – Jawa Barat
Pantai Ama Hami, Bima – NTB

Indek Artikel : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9
Indek Gambar : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9

Semua artikel pada web ini adalah hak cipta dari pasirpantai.com, atau sumber lain yang dicantumkan.
Semua gambar, foto dan video pada web ini adalah hak cipta dari pemiliknya.